Senin, 24 Februari 2020

CURHAT TENANG ESEMKA

mobil Esemka BIMA 1.3
sumber : Google

 Kalo ngomongin mobil Esemka,pasti langsung berpikir jelek tentang mobil ini, disebut mobil politik lah, mobil Cina lah, mobil ghoib lah, dan lain sebagainya. Esemka adalah merk Indonesia yang menurut informasi yang saya dapatkan,merk ini didirikan tahun 2007,yah meskipun entah kapan pastinya merkan ini berdiri.

Langsung aja lah yah ini pendapat saya mengenai merkan ini. Oke hadirnya merkan mobil Indonesia lagi setelah dulu ada Timor, saya jujur senang dan menyambut dengan positif kehadiran merkan ini,tapi saat merk ini berjalan, kok merkan ini tidak seperti merkan mobil-mobil lain berdagang, contoh,saat mengumumkan produk-produknya, bukan di umumkan oleh pihak dari Esemkanya langsung, melainkan melalui politisi yang jelas-jelas gak tau menau lebih dalem tentang mobil ini.

Dan yang paling saya kesal adalah saat ada acara talkshow yang membahas Esemka, selalu orang-orang politisi dari kubu 1 sama kubu 2 lah, yang apa coba hubungannya sama otomotif dan yah ketebak hasil perbincangannya, gak ada jawaban yang bermanfaat bagi Esemka dan menjawab pertanyaan masyarakat tentang Esemka, ujung-ujungnya kebutuhan politik lagi dan gak salah kalo masyarakat menyebut Esemka adalah mobil politik.

Mengenai produknya yang "katanya" rebadge dari mobil Tiongkok. Jujur, saya gak mempermasalahkan kalo Esemka me rebadge mobil-mobil Tiongkok untuk awal-awal merk ini berkembang, asalkan jangan rebadge terus, tetep harus riset membuat mobil sendiri lah, dan kalo ngomongin model mobilnya, jujur aja saya suka kok, terutama Esemka Digdaya dan Esemka Garuda 1, desainnya gagah dan SUV banget menurut saya, dan kalo ngomongin mobil Tiongkok yang selalu dianggap mobil paling jelek, sepertinya yang punya pikiran seperti itu harus terbuka pikirannya. Gak bisa di pungkiri kalo mobil pabrikan Tiongkok sekarang sudah oke, liat itu Wuling dan DFSK, mereka menunjukan kalo mobil Tiongkok itu gak jelek sekarang, malah justru punya kelebihan dan bahkan bisa menciptakan standar baru buat otomotif di Indonesia, jadi kalo Esemka me rebadge mobil Tiongkok, saya gak mempermasalahkan sama sekali

Jadi,ayolah untuk Esemka,emang apalagi sih yang menjadi masalah. Pabrik ada,gede pula,model sudah ada. Tinggal semangat jual dari Esemka dan juga pembangunan dealer atau jaringan after sales saja sekarang. Terus,jangan terlalu bergantung pada pemerintah,apalagi Esemka sudah resmi bukan mobil nasional,tetapi mobil merk nasional,artinya sama saja dengan merk-merkan lain yang sudah memulai bisnis jual beli mobilnya. Banyak kok merk-merkan dari Indonesia yang perkembangannya lebih keliatan daripada Esemka,contoh Gesits,VIAR dan lain-lain.

Kalo menurut saya ( inget ini menurut saya ) kenapa tidak mengikuti cara dagang dari Wuling. Menurut saya pribadi cara Wuling berdagang itu sangat baik dimana mereka membangun pabrik ( Esemka juga sudah melakukannya ), bangun jaringan efter sales sebanyak-banyaknya,tawarkan mobil yang memiliki kelebihan banyak,entah itu dari fiturnya, dengan harga yang sangat miring,banyakin promosi,di media sosial,iklan TV,event-event di kota-kota besar.

Kalo menurut kalian gimana...?? apa yang baik di lakukan oleh Esemka...?? silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar