Selasa, 17 Oktober 2017

REVIEW LAPTOP "LENOVO IDEAPAD 310 15ABR" ULTRABOOK ATAU NOTEBOOK SIH...??


Ultrabook itu biasanya menawarkan harga yang cukup mengocek kantong,tapi tidak dengan laptop ini,inilah LENOVO IDEAPAD 310 15ABR.

1. DESAIN

Dilihat dari desain,laptop ini kalo dari segi ukuran berbone sudah masuk kelas ultrabook menurut saya,desain tipis dan portable membuat laptop ini seperti ultrabook versi terjangkau.

Untuk desain bagian LCD cover disini bener - bener polos hanya ada logo Lenovo yang di letakan di pojok kiri atas khas Lenovo,material plastik polos kayaknya membuat LCD covernya jadi gampang terbaret,untuk desain inchnya pun udah seperti Ultrabook,display panel bisa di tidurkan sampai 180 derajat.

2. PORT KONEKTIVITAS

Untuk kelengkapan port sebelah kanan :
- Kasington lock
- Optical Disk Drive
- 2 USB 2.0

Untuk kelengkapan port sebelah kiri :
- Charger port
- VGA port
- LAN port
- HDMI port
- 1 USB 3.0
- SD Card reader
- Audio combo jack

3. WORKSTATION

Untuk workstation menurut saya laptop ini keliatan simpel banget,bahan plastik polos masih mendominasi bagian workstation,sesuai dengan target pasarnya kalo laptop ini lebih menargetkan pasarnya ke pasar multimedia.

Untuk keyboard,menurut saya enak - enak aja untuk di pake ngetik tapi kalo di pake maen game rasanya kayak kurang enak,tapi entah kenapa menurut saya toots tiap keyboard terasa kebesaran,mungkin perlu penyesuaian kali yah,karena kalo dilihat toots keyboardnya keliatan besar - besar,beda dengan vendor - vendor lain.

Untuk layar menurut saya cukup bagus,dengan resolusi Full HD di harga 7 juta,mungkin ini kelebihan dari laptop ini,tapi sayangnya layar yang digunakan di laptop ini jenisnya TN,jadi view anglenya sempit,padahal layarnya udah bisa tiduran sampe 180 derajat,layarnya pun relatif lembek dan agak fleksi,tapi masih wajar di harga segini memang rata - rata masih begitu.

4. PERFORMA

Untuk performa,laptop ini di bekalin CPU AMD APU A12 9700P 2.5Ghz turbo boost sampe 3.4Ghz yang di pasangin ama kartu grafis AMD Radeon R7 + AMD Radeon R8.

Untuk storage,laptop ini cuman di bekalin harddisk 1TB 5400RPM tampa ada slot SSD,untuk memory RAM,laptop ini di bekalin RAM sebesar 8 GB DDR4 yang bisa di upgrade lagi sampe 16 GB di slot satunya.

Untuk kualitas speaker yang bersertifikasi Dolby audio ini menurut saya suaranya kenceng meski lokasi speakernya ada di bawah,tapi sayangnya menurut saya suara yang di hasilin agak kurang halus.

5. KESIMPULAN

Menurut saya laptop ini cocok buat kalian yang tipe orangnya mobile,harus bawa laptop sana - sini,karena laptop ini tipis dan enteng buat di bawa kemana - mana,beratnya aja cuman 1.9 kg,berbonenya udah menyerupai ultrabook,untuk masalah portabilitas dan harga,laptop ini udah rekomended buat kalian yang nyari Ultrabook versi kere hore,tapi seperti sasaran pasarnya,laptop ini agak kurang worth it kalo di bawa gaming,apalagi di resolusi full HD,untuk maen game triple A seperti GTA 5,kalian harus setting mentok kiri dan resolusi HD,minimal kalian mendapatkan sekitar 25 - 35 fps.

Untuk manajemen panas menurut saya laptop ini lumayan,pas full load panasnya nyebar sampe ke tempat dimana kita nyimpen tangan kiri kita,suhunya berada di sekitar 75 derajat,mungkin efek dari lokasi exhaust yang nembak ke depan layar.

Untuk ketahanan batrai menurut saya daya tahannya cukup singkat,saat pemakaian ringan,laptop ini tahan sekitar 3 jam dan saat full load,laptop ini tahan sekitar 45 menit,untung chargernya nggak berat di bawa kemana - mana.

Untuk harga,laptop ini di bandrol dengan harga 7 juta rupiah saja.

Okehh sekian dulu review dari laptop Lenovo Ideapad 310 15ABR,see you di artikel berikutnya.

2 komentar:

  1. Wah gabisa nambah ssd ya gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya belum terdapat port SSD M.2,tp kalo mau pake SSD paling ganti HDDnya atau swap Optical drivenya ke SSD

      Hapus